Tata Rias Pengantin Sunda

pengantin sunda
Kali ini jasapengantin.blogspot.com akan memberikan informasi mengenai tata rias dari adat pengantin sunda

PENGANTIN WANITA

Tata rias wajah pengantin Sunda Putri sebagai besar menggunakan warna-warna kuning. Seperti halnya pengantin-pengantin yang ada di Pulau Jawa, kegiatan merawat kecantikan mulai dari lulur, mangir, ratus untuk rambut, mandi rempah dan minum jamu selalu dilakukan oleh calon pengantin Sunda.

Di bagian wajah, pengantin wanita menggunakan bedak berwarna kuning. Biasanya pengantin wanita Sunda menggunakan pemerah pipi dengan warna merah muda samar-samar dan lipstik berwarna cerah. Yang terpenting adalah daun sirih berbentuk wajik. Ini menjadi ciri khas pengantin Sunda. Daun sirih dikenakan di kening pengantin wanita sebagai symbol penolak bala.

Pengantin wanita juga mengenakan sanggul yang disebut sanggul Puspa Sari. Ada beberapa hiasan penting penghias sanggul yaitu 6 buah Kembang Tanjung dan 7 buah kembang goyang. Pengantin wanita Sunda Putri mengenakan ronce bunga yang terdiri dari Mangle Pasung, Mangle Susun, Mangle Sisir, Panetep, Mayangsari yang terbuat dari bunga sedap malam. Sebagai pelengkap adalah giwang atau subang.


PENGANTIN PRIA

Untuk pengantin pria tidak banyak mengenakan aksesori. Pengantin pria hanya mengenakan blankon yang dihiasi semacam perhiasan sebagai pelengkap blankon. Kendati demikian, pengantin pria tetap terlihat gagah meski tak banyak aksesori yang dikenakan.

PENGANTIN SUNDA SIGER

PENGANTIN WANITA

Tata rias wajah pengantin Sunda Siger seperti halnya pengantin Sunda lainnya sebagian besar menggunakan warna-warna kuning. Di wajah, pengantin wanita menggunakan bedak berwarna kuning. Biasanya pengantin wanita Sunda menggunakan pemerah pipi dengan warna merah muda samar-samar dan lipstik berwarna cerah. Tak lupa daun sirih berbentuk wajik yang dikenakan di kening pengantin wanita sebagai simbol penolak bala.

Pengantin wanita juga mengenakan sanggul yang disebut sanggul Puspa Sari. Hiasan kepala berupa Siger menjadi ciri khas pengantin Sunda Siger. Beberapa hiasan penting penghias sanggul yaitu 6 buah Kembang Tanjung, Garuda Mungkur dan 7 buah kembang goyang. Pengantin wanita Sunda Putri mengenakan ronce bunga yang terdiri dari Melati Mangle Pasung, Mangle Susun, Mangle Sisir, Panetep, Mayangsari yang terbuat dari bunga sedap malam. Kembang Tiba Dada cengkehan 5 dara menghias di bagian kepala dan menjuntai ke dada pengantin wanita. Giwang atau subang cantik menghiasi telinga si pengantin.

PENGANTIN PRIA

Sementara Pengantin pria Sunda Siger hanya mengenakan blankon yang dihiasi semacam perhiasan sebagai pelengkap blankon. Kendati demikian, pengantin pria tetap terlihat gagah meski tak banyak aksesori yang dikenakan.

Sumber:


Buku Narasi Pengantin (Pelengkap Bahan Pembelajaran Multimedia Jenis Tatarias Pengantin) Departemen Pendidikan Nasional
citrasalon.wordpress.com
Anda sedang membaca artikel tentang Tata Rias Pengantin Sunda dan anda bisa menemukan artikel Tata Rias Pengantin Sunda ini dengan url http://www.jasapengantin.com/2011/11/tata-rias-pengantin-sunda.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tata Rias Pengantin Sunda ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Tata Rias Pengantin Sunda sebagai sumbernya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar